Sabtu, 19 Januari 2013

Bagaimana berbicara yang baik dengan orangtua

Seringkali terjadi salah paham ketika berbicara dengan orangtua. Apa yang saya katakan tidak seperti maksudnya. Mungkin saya tidak pandai memilih kata-kata. Hampir frustasi waktu itu suasana sempat tegang karena saya yang salah ngomong -_- maksudnya bukan itu, tapi saya yang sulit menjelaskan. Segala kata saya pikirkan, biar apa yang keluar pas dengan apa yang saya maksud. Saya coba menjelaskan, tetapi suasana sudah terlanjur ‘anget’ jadinya saya serba salah. Saya memilih untuk diam, dan akhirnya naik keatas masuk kamar, merenung -_-

Saya lalu mencari di google tips bagaimana berkomunikasi dengan orangtua. Setelah searching2, saya pilih beberapa tips yang cocok untuk saya :') (buat kamu mungkin juga :)) :

1. Pilih waktu yang tepat. Usahakan ketika kita ingin berbicara mengenai hal yang spesifik, adalah ketika orangtua sedang dalam keadaan rileks.  Jangan disaat baru selesai bekerja atau ketika sedang pusing memikirkan sesuatu.

2. Gunakan kosa kata dan artikulasi yang jelas, nada yang pas dan intonasi yang baik ketika kita berkomunikasi dengan orang tua. Pastikan suara kita terdengar jelas dan yakin ketika mulai untuk berbicara.

3. Pilih kata dengan hati-hati. Nah, ini yang sering saya alami :'| Pastikan kita sudah menyiapkan kata-kata yang benar sehingga sesuai dengan penyampaian. Jika perlu (buat kamu yang memang memiliki kesulitan dengan kata-kata) tanyakan kepada oranglain, apakah bahasa yang kita sampaikan sudah tepat atau belum.

4. Sikap. Rendahkan sayap kita, berikanlah sikap santun. Gunakan bahasa yang lembut dan penuh kesopanan.

5. Berikan waktu hingga orangtua selesai berbicara. Jangan pernah memotong ketika orangtua sedang berbicara. Ini merupakan bentuk kita menghormati apa yang orangtua sampaikan. Pasti nanti kita akan dapat giliran berbicara kok :)